Selasa, 19 Maret 2013

Buletin Epidemiologi minggu ke-11

BULETIN EPIDEMILOGI
MINGGU KE-11 TAHUN 2013
PL DAN SURVEILANS
DINAS KESEHATAN BENGKAYANG



Ketepatan Dan Kelengkapan Laporan W2 Ke-11
Persentase ketepatan waktu laporan data EWARS minggu ke-11 tahun 2013 berdasarkan kabupaten/kota Bengkayang di Provinsi Kalimantan Barat adalah 88 % dengan kelengkapan 88 %. Jika dibandingkan dengan ketepatan dan kelengkapan laporan ewars pada minggu ke-10 dan minggu ke-11 di perolah bahwa terjadi perbaikan presentase laporan yakni terjadi peningkatan.Persentase laporan berdasarkan puskesmas di masing-masing kabupaten/kota tampak pada Tabel berikut ini :
Ketepatan dan Kelengkapan
Laporan Mingguan W2 ke-11 Puskesmas di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kab. Bengkayang
Dari tabel di atas dapat di lihat Puskesmas Sungai Betung sudah tiga (3) minggu tidak mengirim laporan ewars di lanjutkan dari Puskesmas Sungai Raya yang tidak mengirim pada minggu ke-11 saja karena pada minggu sebelumnya sudah mengirim dengan lengkap, secara umum laporan ketepatan dan kelengkapan sudah sangat baik.

Situasi Ewars Minggu ke-11 2013
Berdasarkan Laporan Ewars Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang pada minggu ke-13 tahun 2013 di Kabupaten Bengkayang telah terjadi 7 kasus yang diamati 1196 orang secara berurutan adalah Diare akut (5,9), ILI (15.9), Demam yang tidak diketahui penyebabnya (1.8), Kluster Penyakit yang tidak diketahui penyebabnya (0.3), Malaria Konfirmasi (0,9), Diare Berdarah (1,2), Suspek Demam Tifoid (1,3),
Proporsi morbiditas tertinggi pada minggu ke-11 ini adalah kasus adalah ILI diikuti diare akut dan demam yang tidak diketahui sebabnya. Total insiden dari 22 jenis penyakit ini sebesar 27,3%, naik dari minggu ke-10 sebesar 17,5.

Distribusi Kasus Menurut Jenis Penyakit/Gejala Dalam  SKD Dan Respons Di Kabupaten Bengkayang 
Minggu Ke-11
Tren Penyakit/Sindrom
Berikut ini adalah tren beberapa penyakit menular dan peta insiden minggu ke-11:


Dari beberapa grafik tersebut diatas, dapat dilihat bahwa kasus ILI, diare akut dan  demam yang tidak diketahui penyebabnya meduduki peringkat tiga teratas dari total kasus yang di laporkan oleh seluruh puskesmas yang ada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Bengkayang. 

Peta menunjukkan insiden penyakit/sindrom tiap 100.000 penduduk yang terbagi dalam 17 wilayah puskesmas. Peta sebaran beberapa penyakit/sindrom dapat dilihat pada beberapa peta berikut ini: 


Peringatan Dini Minggu Ke-11:

Untuk tingkat Puskesmas, sinyal peringatan dini yang timbul  pada minggu ke-11 adalah:
  1. Peningkatan Kasus Malaria Konfirmasi di Wilayah Kerja puskesmas Monterado yakni 8 kasus dan di Puskesmas Suti Semarang dengan 5 kasus sementara nilai ambang batasnya adalah 1,5 proporsi jumlah penduduk.
  2. Peningkatan Kasus ILI di Wilayah Kerja Puskesmas Samalantan 33 Kasus sementara nilai ambang batasnya  adalah 1,5 proporsi jumlah penduduk.
  3. Peningkatan Kasus Demam Yang Tidak Diketahui Penyebabnya di Wilayah Kerja puskesmas Bengkayang 8 kasus sementara nilai ambang batasnya adalah 1,5 proporsi jumlah penduduk.
Tabel Peringatan Dini Dalam  SKD Dan Respons 
Di Kabupaten Bengkayang 
Minggu Ke-11





Respons Yang Telah Dilakukan :
  1. Memverifikasi jumlah kasus yang telah dilaporkan
  2. Mengcross check data kasus dengan lintas program misal dengan pemegang program diare, ispa, dbd, malaria dan TB paru.
  3. Pengawasan ketat terhadap kasus-kasus yang menjadi peringatan dini dalam laporan ewars minggu ke-11

Rekomendasi dan Tindak lanjut:
Mengingat komitmen kita bersama diharapkan bagi Puskesmas  yang belum melapor agar segera mengirim datanya yakni Puskesmas Sungai Betung dan Puskesmas Sungai Raya.


Petugas Surveilans Kab/Kota segera melakukan verifikasi dan respons berdasarkan alert yang ada.

Tingkatkan kewaspadaan bersama-sama dengan Puskesmas dan Pustu di wilayah masing-masing.














 

1 komentar:

  1. Selamat pagi admin, mau tanya ini bentuk bulletinnya seperti apa ya? Maksud saya yang dikirimkan ke sumber data surveilensnya? Tolong yaa bantuannya *mahasiswa yang sedang buat laporan evaluasi sistem surveilens*

    BalasHapus