Kamis, 31 Januari 2013

EDARAN Kesiap siagaan ditemukannya virus Subtype H5N1 claude baru                                   



1.      Telah terjadi banyak kematian itik di beberapa daerah dalam jumlah besar, khususnya di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan D.I Yogyakarta.

2.      Telah diidentifikasi adanya claude baru virus subtype H5N1 yang berbeda dengan strain yang selama ini sudah beredar di Indonesia. Selama ini claude virus subtype H5N1 yang beredar di Indonesia adalah claude 2.1 dengan sub claude 2.1.2 baik yang ditemukan pada unggas maupun pada manusia. Perlu diketahui bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan specimen itik-itik yang mati tersebut telah diidentifikasi claude baru yaitu calude 2.3 sub claude 2.3.2. 

3.      Hingga kini di Indonesia belum teridentifikasi sub claude 2.3.2 pada manusia.

4.      Atas dasar hal tersebut maka kami harapkan segera mengambil langkah-langkah kesiap siagaan terhadap kemungkinan penyebaran kepada manusia melalui langkah-langkah sebagai berikut:
                                                            
a.       Mengikuti secara cermat setiap terjadinya kematian unggas, terutama jenis unggas air dalam jumlah besar di wilayah kerja masing-masing.
b.      Mencermati dan mewaspadai terhadap perdagangan unggas yang terjadi antar daerah di wilayah kerja masing-masing.
c.       Melaksanakan surveilans aktif dan insensif terhadap semua CLOSE CONTACT unggas mati yang terjadi.
d.      Menyiapkan kesiapan logistik obat-obatan dan APD.
e.       Melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak panik, namun tetap harus waspada melalui pola hidup yang sehat dan bersih.
f.       Melaporkan  dan merujuk segera ke Rumah Sakit rujukan setiap di temukan kasus suspek flu burung pada manusia dan segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten untuk melakukan langkah-langkah penanggulangan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar